Senin, 26 Mei 2008

Penyertaan Roh Kudus

Penyertaan Roh Kudus
Semua kegiatan kegiatan yang kita lakukan didalam pengiringan kepada Tuhan hanya dapat kita lakukan dengan kekuatan dari Roh Allah.
Zakaria 4 : 6 Peran Roh Kudus yang sudah dilakukan dalam hidup kita sehari hari antara lain :
1.Pembentukan Gereja. Kis. 2 : 1 – 11, 41
Roh Kudus mengikis semua batas pemisah antara satu dengan lainnya, tidak ada lagi jurang pemisah satu dengan yang lainnya, apakah perbedaan suku, ras, golongan, status sosial dll. Sebab kita semua satu dalam tubuh Yesus Kristus.
Jika Roh Kudus hidup dalam diri kita maka kita tidak akan membeda bedakan satu dengan yang lainnya, sebab kita ini saudara dalam Yesus dalam satu kesatuan yang utuh. Dalam hidup bermasyarakat dan bersosial biarlah kita saling menghargai satu dengan yang lainya.
Tidak ada istilah kamu orang Jawa, Sunda, Batak, Menado, Ambon, Cina, Orang Negro sekalipun dll latar belakang, maka jika Roh yang ada dalam diri kita alah Roh Allah maka semuanya menjadi satu kesatuan dalam persekutuan yang erat dengan Tuhan.
Jika Roh Kudus sudah tertanam dalam hidup kita maka Bangsa Indonesia tidak akan terjadi seperti peristiwa Mei 1998.
Tidak akan terjadi pembakaran Gereja, pemboman Mesjid Istiqlal, kerusuhan Ambon, perang antar suku di Kalimantan dan masih banyak lagi kejadian yang menimpa bangsa dan negara kita yang kita cintai.
2.Teladan hidup/praktek hidup Kis 2 : 47, 5 : 13 – 14
Dalam hidup ini maka akan disukai semua orang dan dihormati semua orang, bukan sebaliknya menjadi batu sandungan bagi yang lain.
Dalam praktek hidup sehari hari jadilah terang dan garam bagi yang belum kenal Tuhan ataupun yang sudah kenal.
Dalam hidup ini jadilah terang, jadilah garam dunia yang dapat mengasinkan yang lain, sebab garam itu dapat mencegah seekor ikan untuk tidak menjadi busuk. Demikian pula dunia yang sudah rusak dan busuk ini maka kita sebagai anak Tuhan jangan terbawa arus dunia yang sudah busuk ini, tapi dapat membawa kedamaian bagi yang belum kenal Tuhan dan jadilah teladan bagi yang lain. Dalam tingkah laku kita sehari hari hendaknya terang Kristus terpancar dalam hidup kita sehari hari.
Bagai mana orang akan tertarik dengan kita jika kelakuan kita tidak mencerminkan Yesus dalam diri kita.
3.Menderita karena Injil Kis 4 : 1 – 3, 5 : 41
Roh kudus memberi pengertian tentang penderitaan yang inik ini. Jadi anak Tuhan harus rela menderita demi Kristus apaun yang terjadi biarlah kita menderita sekarang tapi kemuliaan yang akan datang sangatlah menyenangkan. Jadi anak Tuhan harus dapat menginjili yang belum kenal agar kenal, yang sudah biar lebih setia.
Banyak kejadian sekarang orang dianiaya karena nama Yesus, oleh sebab itu Yesus sudah ingatkan bahwa, karena Dia bukan dari dunia ini maka dunia akan membenci Nya. Oleh sebab itu jangan heran jika kita sebagai anak Tuhan dibenci oleh dunia ini, sebab sejak semulapun Yesus sudah dibenci oleh dunia. Dan kita sebagai umat tebusan Allah harus siap menghadapinya, sebab jika dibandingkan dengan kemuliaan yang akan didapat nantinya tidak sebanding dengan penderitaan kita sekarang.
Jika kita sebagai Anak Allah dibenci oleh orang sekeliling kita, anggaplah itu menjadikan suatu hiburan bagi iman kita sebab jika tidak demikian kita tidak akan muncul sebagai umat yang berkualitas tapi umat yang cengeng tidak tahan banting dalam mengikuti Tuhan.
4.Pembersihan Kis 5 : 1 – 11, 8 : 18 – 24, 5 : 41
Roh Kudus memberikan perasaan yang sensitif terhadap dosa, oleh sebab itu orang yang sudah percaya Tuhan tidak biasa berbuat dosa.
Roh Kudus akan menuntun kita untuk menghindari dari hal hal atau pikiran pikiran yang tidak berkenan kepada Tuhan.
Sebagai umat yang sudah diselamatkan maka dia akan membenci dosa, sebab jika kita sudah menjadi umat pilihan Allah dan masih suka berbuat dosa maka patut dipertanyakan apakah dia sudah lahir baru atau belum.
Tidak ada istilah dosa besar atau kecil yang terutama jika kita tahu bahwa itu melanggar firman Tuhan baik besar atau kecil sama namanya dosa, harus ditinggalkan atau dijauhi.
5.Pengorbanan Materi Kis. 2 : 44 – 45, 4 : 32
Roh Kudus akan memberi pengertian tentang korban. Jadi anak Tuhan jangan kikir, sebab ada dalam firman Tuhan dalam Amsal tidak ada orang yang kaya karena kikir, ada yang menghemat dengan sangat tapi berkekurangan. Berbuat baik kepada yang membutuhkan memiutangi Tuhan. Jadi anak Tuhan harus suka berbuat baik dalam segala perkara, yang namanya berbuat baik tidak harus dengan uang tapi bisa juga melalui yang lain misalnya tenaga, saran ataupun wejangan yang menguatkan itupun merupakan manifestasi perbuatan baik.
Jangan hanya berbuat baik kepada yang sudah berbuat baik pada kita, tapi berbuat baiklah sama semua orang apakah yang sudah berbuat baik pada kita ataupun musuh kita sekalipun.
6.Pengabaran Injil Kis. 1 : 8
Roh kudus memberi pandangan luas tentang daerah pekabaran Injil. Roh akan memberi pengertian bagaimana caranya mencari jiwa baru dan daerah baru. Buka pos pos penginjilan jangan tahut. Orang yang sudah dipenuhi Roh atau yang sudah dimateraikan dengan Roh maka ada kemauan untuk membuka tempat penginjilan yang baru, bukannya hanya malas malasan saja.
Cari jiwa jiwa baru untuk diselamatkan, sebab masih banyak diantara keluarga kita yang belum diselamatkan, merupakan kewajiban kita untuk menyelamatkan yang lain, sebab tanpa Yesus maka jiwa kita akan binasa ibarat seonggok daging yang nantinya masuk dalam pembakaran yang kekal selama lamanya.

Tidak ada komentar: